Sabtu, 27 Februari 2016

Laskar Wiyata Bhakti..

dan inilah bahagiaku yang sederhana...

Flashback ke Enam bulan yang lalu.. waktu aku di minta mengajar di sebuah sekolah menengah pertama swasta di wilayah Depok Pinggiran, untuk mengisi pelajaran IPA dari kelas 7 s.d kelas 9.  Sekolah yang hanya memiliki 15 siswa per kelas dan hanya ada tiga kelas di sekolah itu. Awalnya ngerasa takut.. takut nggak menguasai materi.. takut nggak bisa menguasai kelas.. takut nggak bisa di terima sama siswa-siswa disana.. dan masih banyak ketakutan-ketakutan lainnya yang pada akhirnya hilang.
"Bismillah Ika!" itu yang aku ucapkan ketika pertama kalinya masuk ke kelas untuk memperkenalkan diri.. bulan pertama adalah bulan penuh kesabaran. Dimana aku harus menyesuaikan diri dan memahami karakter-karakter mereka. Kemudian bulan-bulan berikutnya berjalan sesuai dengan semestinya. Bersyukur banget bisa dapet pengalaman mengajar disana meski sebentar.

Aku seperti jatuh cinta di tempat itu. Kadang aku marah, sedih, bahagia, dan tertawa. Allah yang Maha Baik memberiku kesempatan untuk mengenal mereka. Terkadang aku dibuat heran oleh mereka dengan bahasa gaul mereka yang tak ku mengerti. Diisokiin (disini), Sokap (siapa), Lookit (lihat) de.. el.. el.. masih banyak lagi.

Menyenangkan sekali jika melihat mereka semangat belajar.. semangat memahami.. dan nggak lupa, biasanya mereka lebih semangat mendengarkan cerita. Dari kelas 7 sampai kelas 9, kompak. Semuanya kalau ada waktu senggang mintanya diceritain. kok jadi ngerasa lebih cocok jadi  tukang dongeng yaa? Biarlah.. selama masih ada yang bisa ku bagi dengan mereka. Mungkin dengan cerita aku menarik perhatian mereka untuk belajar, dengan cerita aku berbagi semangat dengan mereka, dengan cerita aku berbagi inspirasi dengan mereka. tapi kita nggak berbagi kegalauan kok dengan cerita, yaiyalah lho wong yang kebanyakan galau kan mereka..hehehe :)
 
semua manusia pasti punya kekurangan. aku sadar, cara mengajarku masih banyak kekurangan meski begitu aku sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Tetap semangat ya Laskar Wiyata Bhakti.. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar